Antara Gw, Elu, dan Saya

9 05 2011

Tanpa mengurangi rasa hormat dan santun saya lebih senang menggunakan “Gw” sebagai kata ganti orang pertama tunggal dalam percakapan sehari-hari. Baik pada teman sebaya atau pada beberapa orang yang lebih tua.

Tapi gw jarang sekali menggunakan kata ganti orang kedua tunggal “elu” pada orang yang lebih tua (kecuali bila beliau sangat senang bila gw panggil demikian). “Gw” dan “Elu” bagi gw adalah dua kata umum dalam bahasa sehari-hari di Daerah Jakarta dan Jawa Barat.

Dengan menggunakan dua kata ini antar personal bisa lebih akrab dalam waktu yang relatif lebih cepat. Kita tidak perlu mengkhawatirkan dinding penghambat pertemanan seperti: rasa sungkan, bila berbicara harus penuh  rasa hormat sampai membungkukan badan, takut menyinggung perasaan, dan sebagainya. “Gw” dan “Elu” seolah-olah melakukan automated function untuk meruntuhkan dinding-dinding tersebut.  Akhirnya proses komunikasi pun berjalan dengan lebih baik.

Bagaimana dengan kamu ?
Loh ini kan antara “gw, elu, dan saya” , mengapa si kamu jadi ikutan ? 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

