Integritas karyawan pada perusahaan

4 03 2010

Disalin dari buku Mengapa ESQ
Oleh Ary Ginanjar Agustian

Tanya:
Saya baru saja diangkat menjadi direktur umum sebuah perusahaan swasta. Saya menginginkan agar karyawan saya yang berjumlah 500 orang memilki integritas tinggi pada perusahaan. Saya sudah sering mendengar apa itu integritas. Namun, saya ingin mendapat penjelasan langsung dari Pak Ary, apakah yang dimaksud integritas sesuai dengan The ESQ Way 165?

Jawab:
Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan ceritakan kisah “Rudi dan Sikat Gigi”. Rudi, seorang calon karyawan yang akan diwawancara di sebuah perusahaan. Saat menunggu giliran, ia pergi ke kamar kecil. Di sana dia menemukan ruang kamar kecil yang kotor. Dia pun segera mengambil sikat untuk membersihkannya.

Ketika sedang menyikat, datang pemimpin perusahaan tersebut. Dia segera bertanya pada Rudi,”Apakah kamu bekerja di sini?” “Tidak Pak, saya adalah calon karyawan yang sedang menunggu untuk diwawancara,” jawab Rudi. Tentu saja pemimpin perusahaan tersebut kaget. Dia tak mengira, ada orang yang ikhlas bekerja, walaupun bukan kewajibannya. Rudi pun diterima sebagai karyawan.

Sikap yang ditunjukkan Rudi adalah wujud tingginya sebuah integritas. Integritas adalah kesetiaan pada prinsip yang dianut. Integritas adalah perpaduan sikap jujur, konsisten, komitmen, berani, dan dapat dipercaya. Sikap ini muncul dari kesadaran diri terdalam yang bersumber dari suara hati. Integritas tidak pernah berbohong. Integritas tidak memerlukan tepuk tangan orang lain dan tidak peduli dengan riuh rendah sorak-sorai. Semuanya dilakukan tanpa pamrih karena berpegang teguh pada sebuah prinsip. Yang diinginkan hanyalah tepukan halus seorang malaikat di pundak kanannya.

Dan sungguh, diadakan penjaga di atasmu, yang mulia, yang menuliskan.
Mereka tahu apa yang kamu lalukan. (QS. Al-Infithâr (82): 10-12)


Aksi

Information

One response

10 04 2010
zona90

Test bro:
http://www.radar-bekasi.com portalnya orang bekasi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: