Bosen ah !, Facebook lagi facebook lagi !

5 12 2009

Dunia maya tak ubahnya seperti dunia yang kita alami sehari-hari. Di dunia maya kita bisa bekerja, berdialog dengan orang lain, mencari teman baru, bermain, belajar, dan berbelanja. Aplikasi dan content-nya terus bertambah saat kamu  membaca artikel ini.

Pintu Kemana saja Doraemon sudah menjadi kenyataan di zaman kita. Mau kemana ? Hawai ?, Jepang ?, Kutub Utara ?, Kutub Selatan ?, Samudera Pasifik ?, dalam laut ?, Luar Angkasa ?, Semuanya bisa dilakukan dalam beberapa detik.

Sekarang bukalah maps.google.com, search San Fransisco, kamu akan dihadapkan pada citra satelit yang tidak saja bisa dilihat dari atas,  tetapi juga  penampakkan 3D asli suasana jalan di kota tempat jembatan Golden Gate terbentang itu. Cukup geser saja alat navigasi di sebelah kiri. As doraemon said: “Pintu Ajaib…”

Ketika Internet jadi Membosankan
Ada saatnya kebosanan melanda setelah beberapa saat di depan monitor. Wajar saja, karena saat itu kita sudah bingung ingin buka apa lagi di internet, sudah tidak ada tujuan lagi. Hal ini biasanya ditandai dengan terjebaknya kita di situs yang itu-itu saja, Setiap buka browser – facebook lagi facebook lagi, atau detik.com, atau menghapus email yang tidak jelas juntrungannya.

Memanfaatkan Internet
Padahal internet bukanlah sekedar facebook, detik, atau youtube saja. Hidup kita bisa lebih baik dengan memaksimalkan fungsinya. Sederhana saja, cukup tentukan tujuan dan fokus pada tujuan kita di internet.

Internet untuk berbisnis
Kita bisa berjalan-jalan untuk mencari peluang dan ide bisnis. Mulailah berjualan, bertransaksi, dan raihlah penghasilan dari internet. Browsing, chatting, dan bergabunglah di forum-forum bisnis. Misalnya :
* Forum Jual Beli kaskus di http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=25
* Ide bisnis di http://www.entrepreneur.com/businessideas/index.html

Berbagi ilmu dengan blogging dan kolaborasi
Internet adalah hasil sumbang pikiran dari banyak orang dunia, kita telah merasakan manfaatnya, masa sich kita tega membiarkan ia teronggok dengan konten yang itu-itu saja. Kini saatnya memberi, ikatlah ilmu dengan menulisnya. Tulis dan Rawatlah pengetahuanmu pada sebuah blog. Berkolaborasilah di Ilmukomputer.org. Wikipedia, slidshare.net, atau scribd.

Ikut Mailing List
Ikutilah beberapa mailing list sesuai dengan hobby kamu, saling bertanya dan menjawab di milis akan menjadikan diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya, percayalah !. Kunjungi yahoogroups.com dan groups.google.com

Kirim video ke youtube
Jangan hanya nonton, kirim juga karyamu !. Misalnya: Kamu seorang dokter gigi, kirimlah video cara merawat gigi dengan baik. Bila kamu animator, buatlah tutorial compositing atau rendering. Bila kamu hobby bulutangkis, pasanglah video cara memegang raket dan drop shot dengan benar. Bila kamu seorang polisi, berikanlah tips-tips seputar berkendaraan di jalan raya. Bila kamu seorang koruptor atau mafia ? bertobatlah – bertobatlah dengan sebenar-benarnya tobat -sebelum orang lain yang mengupload videomu.😛

Ikut forum diskusi
Ah ini sich rasanya semua sudah tahu, googling saja The largest Indonesian Community. Berinteraksilah melalui posting dan reply yang bermanfaat. Jangan sekedar ngemeng pertamax, nice info, atau nice share.😀

Demikian paparan singkat seputar pemanfaatan internet, tambahan link dan ide lain sangat diharapkan pada bagian komentar. Selamat berselancar !


Aksi

Information

One response

6 12 2009
koropedang

bagus banget tulisannya…muach

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: