Pohon, komputer, dan Internet!

15 07 2009

Horeee, internet unlimited. 20rb/bln 100Mbps.  Tak lama lagi akan jadi kenyataan!. Komputer & internet adalah teknologi akhir zaman, karena internet mampu menembus jarak, waktu, dan tenaga. Dengan internet segala hal bisa dipermudah, dipercepat, dan dimaksimalkan. Satu hal penting yang bisa dilakukan oleh komputer dan internet adalah pengurangan penggunaan kertas, PaperLess istilahnya.

MessyDeskSebagaimana kita tahu, bahwa pembuatan kertas berbanding lurus dengan penebangan pohon di hutan. Kita juga faham bahwa hutan adalah paru-paru dunia, penyedia sumber kehidupan utama bumi yaitu oksigen, semakin sedikit jumlah pohon di bumi maka semakin susah manusia hidup. Sebagai bukti nyata, coba saja test tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk, di pinggir kali hitam pekat, sampah dimana-mana, tanpa pohon sedikit pun, sama sekali tidak nyaman kan ?. Belum lagi kerugian kompleks lainnya akibat penebangan hutan terhadap ekosistem.

Lalu apa hubungannya Pohon, Komputer, Internet ?Atmosphere_composition
Komputer dan internet mampu menekan bahkan hingga ke titik minimum penebangan hutan produksi sehingga meningkatkan volume oksigen dan menyejukkan kehidupan. Bagaimana caranya ? Mudah dan sederhana saja, yaitu dengan mengkonversi segala macam hal yang berhubungan dengan kertas ke format digital. Apa saja yang bisa dikonversi ? Banyak sekali! Di dunia penerbitan buku-buku bisadidigitalkan, koran, majalah, dan media cetak lainnya bisa dikonversi menjadi portal online. Surat menyurat menjadi bentuk E-Mail dalam kantor maya. Di sekolah skripsi, raport dan ujian bisa dikonversi dalam sistem akademik dan E-Learning.

Sebagai contoh sederhana. Bila PT Telkom di pulau jawa saja terus menseriusi format billing tagihan online, maka berapa ton kertas bisa dihemat setiap tahunnya ? demikian juga pada produk-produk bisnis perbankan, asuransi, pendidikan, dan banyak lagi. “Kenapa kita harus peduli sama yang beginian ?!, kan udah ada GreenPiece, WALHI, CICO, dkk”. Kan yang hidup di Bumi bukan mereka saja, semakin banyak orang peduli pada bumi, semakin bersahabatlah bumi pada kita. Kalau bukan kita yang peduli, maka siapa lagi ?  Alien ?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: