Resep Sehat Otak dengan Blog !

17 06 2009

“Dari tadi kok, kayaknya dia nggak ngerti2 yah yg aku omongin”.
“Ngomong apa sich lw, lw ngomong apa kumur-kumur sich !”.
“Otak gw kok jadi tumpul begini”.

Kamu pernah mengalami kejadian di atas ?, sering ?, kadang-kadang ?. Hati2 berarti gejala konslet Otak sudah menghampiri kamu. Tapi tenang saja ada obatnya kok, cespleng pula, Yaitu dengan ngeBlog !. Telah banyak penelitian dilakukan untuk mengungkap manfaat obat bernama Blogging. Tulisan ini memaparkan beberapa diantaranya.

1. Sarana Mengingat & Tempat Curhat
Manusia punya penyakit kronis, yaitu “Forgot Khilaf bin LUPA”. Sejenius-jeniusnya manusia, tidaklah semua hal bisa direkam dengan baik oleh otak. Blog menjadi tempat ampuh untuk menuliskan peristiwa, keadaan hati, maupun hal-hal teknis. Catatan tersebut bisa digunakan di masa depan saat penyakit LUPA datang menyerang.

Contoh kasus:
Bung Hendra sedang membuat DNS Server menggunakan OS Linux Slackware. Ini membutuhkan tahapan cukup panjang. Setelah berhasil, maka ia segera menuliskannya dalam sebuah blog, sehingga tatkala ia butuh mengkonfigurasi server di tempat lain, ia cukup melihat buku harian kesuksesannya tersebut, tanpa harus menghafal. Di kemudian hari bila ada orang bertanya tentang problem sejenis, ia cukup berkata “Lihat aja tutorial di Blog gw” , BERES !🙂

2. Menyebarluaskan ilmu
Masih bersama bung Hendra. Jangan lupa untuk membuat judul yang search engine friendly. Bila menulis tentang konfigurasi DNS Server di Slackware Linux maka tulislah judul, Misalnya: “Tutorial Konfigurasi DNS Dengan Server Slackware 12.0”. Saat orang lain menemukan hasil oprekan ini – apalagi berbahasa indonesia, secara tidak langsung sang kodok, eh sang penulis telah memudahkan pembaca untuk menyelesaikan problemnya plus memberikan kefahaman ilmu baru. Pahala bertambah banyak.

3. Melatih Kemampuan Komunikasi
Menulis menjadi tempat latihan efektif  untuk menyampaikan isi otak pada khalayak pembaca. Ketika menulis, Otak akan terus bekerja untuk menyusun kata-kata, membuat pengibaratan, menggambarkan sesuatu, dan bermacam cara lainnya agar komunikasi dengan pembaca berjalan sukses.  Orang yang telah terbiasa menulis ketika berbicara akan lebih terstruktur tutur katanya, sehingga lawan bicaranya mudah memahami apa yang sedang ia katakan.

Tulisan dalam blog tidak melulu berupa hal teknis, bisa saja berbentuk diary, analisis, kumpulan gambar, atau terserah penulisnya ingin menumpahkan apa pada Blognya. Terakhir Jauhi sifat durhaka, yaitu Kopi Paste tanpa menuliskan sumber aslinya. Perilaku seperti ini akan mematikan kreatifitas kita dalam menulis. Tidak seperti obat generik pada umumnya, Obat ini makin sering diminum makin bagus untuk kesehatan.  Satu lagi, Jangan lupa banyak minum air putih, makan teratur, dan istirahat secukupnya.😀


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: