Books & Internet is My Life

3 09 2008

Buku jendela dunia

Bila ada orang bertanya, “Brain, benda apa yang paling kamu suka setelah Notebook ?”, saya akan jawab, Buku dan Internet !. Saya tidak bisa terpisah dari kedua benda tersebut. Buku dan Internet menjadi tempat melepas lelah setelah berkoding ria seharian di kantor. Bila ada cukup uang, toko buku adalah pelabuhan pertama saya. Saya baru berhasil mencapai rekor Rp. 400 kilo untuk sekali belanja buku per tahun, rekor ini terpecahkan pada tahun 2007. Jauh Bumi dengan Langit bila dibandingkan dengan budget belanja buku Prof.Yohannes Surya yang konon menghabiskan Rp. 40 Mega tiap tahunnya. 

Project Management, Ilmu Komputer, dan Biografi  menjadi topik teratas pada koleksi saya. Perpustakaan saya terbagi atas koleksi Fisik dan Digital, koleksi dalam bentuk fisik tertata rapih pada sebuah lemari sederhana dengan empat segmen. Sedangkan Koleksi E-Book dan multimedia dikatalogkan dalam hardisk AspiraLinux 2006, Totalnya baru sekitar 5 Giga. Koleksi digital penuh sesak dengan topik ilmu komputer, ada pula versi digital dari buku psikologi berjudul “Why Man Don’t Listen and Woman can’t read a maps”. (*jadi kepikiran jaringan perpustakaan pribadi). Project Management by Kathy Schwalke sementara menjadi the most favorite books saat ini. Berawal dari Randu Aditara, buku inilah yang mengenalkan kepada saya betapa menyenangkannya project management, this book also make me fall in love with project management. Buku berlabel “Not for sale in US” itu difotokopi dengan harga RP. 80 kilo di daerah kampus UI.

Internet adalah tempat kedua setelah lemari perpustakaan pribadi di rumah, Berikut adalah situs-situs favorit yang kerap kali saya kunjungi di lautan internet:

Wikipedia & Scribd
LIPI – Research For All &
E-Book Computer Science Gratis
Fisika Asyik
Matematika Asyik

Kapal Layarnya bernama Google ! Buku dan internet berisi lautan ilmu yang tidak bisa dinilai dengan uang. Pepatah Brain90 mengatakan: Just Improve your knowledge and work harder, then money will follow you. Yes !, Automatically. Sebagai penutup, saya kutipkan hadis Rasulullah Muhammad (Semoga solawat dan salam selalu tercurah kepada beliau)

إِنَّمَا الدُّنْيَا لأَرْبَعَةِ نَفَرٍ: عَبْدٍ رَزَقَهُ اللهُ مَالاً وَعِلْمًا فَهُوَ يَتَّقِي فِي مَالِهِ رَبَّهُ وَيَصِلُ فِيْهِ رَحِمَهُ وَيَعْلَمُ لِلهِ فِيْهِ حَقًّا، فَهَذَا بِأَفْضَلِ الْمَنَازِلِ، وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللهُ عِلْمًا وَلَمْ يَرْزُقْهُ مَالاً، فَهُوَ صَادِقُ النِّيَّةِ يَقُوْلُ: لَوْ أَنَّ لِي مَالاً لَعَمِلْتُ بِعَمَلِ فُلاَنٍ، فَهُوَ بِنِيَّتِهِ وَهُمَا فَأَجْرُهُمَا سَوَاءٌ، وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللهُ مَالاً وَلَمْ يَرْزُقْهُ عِلْمًا، فَهُوَ يَخْبِطُُ فِي مَالِهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ لاَ يَتَّقِي فِيْهِ رَبَّهُ وَلاَ يَصِلُ فِيْهِ رَحِمَهُ وَلاَ يَعْلَمُ لِلهِ فِيْهِ حَقًّا، فَهَذَا بِأَخْبَثِ الْمَنَازِلِ، وَعَبْدٍ لَمْ يَرْزُقْهُ اللهُ مَالاً وَلاَ عِلْمًا فَهُوَ يَقُوْلُ: لَوْ أَنَّ لِي مَالاً لَعَمِلْتُ بِعَمَلِ فُلاَنٍ، فَهُوَ بِنِيَّتِهِ فَوِزْرُهُمَا سَوَاءٌ

“Dunia itu diberikan kepada empat golongan:

(1) seorang hamba yang Allah anugerahi harta dan ilmu, maka dia pun bertakwa kepada Rabbnya dalam hal hartanya, menggunakan hartanya untuk menyambung tali kekerabatan dan mengetahui bahwa Allah memiliki hak dalam hartanya itu, maka dia berada pada derajat yang paling mulia di sisi Allah.

(2) Dan seorang hamba yang Allah karuniai ilmu namun tidak diberi harta, dia adalah seorang yang benar niatnya. Dia katakan, ‘Seandainya aku memiliki harta, aku akan beramal seperti amalan Fulan’, maka dengan niatnya itu pahala mereka berdua sama.

(3) Juga seorang hamba yang Allah beri harta namun tidak dikaruniai ilmu, sehingga dia gunakan hartanya tanpa ilmu. Dia tidak bertakwa kepada Rabbnya dalam hartanya itu, tidak menggunakannya untuk menyambung tali kekerabatan, dan tidak pula mengetahui ada hak Allah dalam hartanya, maka dia berada pada derajat yang paling hina di sisi Allah.

(4) Dan seorang hamba yang tidak Allah beri harta maupun ilmu, lalu dia mengatakan, ‘Seandainya aku memiliki harta aku akan berbuat seperti perbuatan Fulan’, maka dengan niatnya itu dosa mereka berdua sama.”
(HR. At-Tirmidzi no. 2325, dikatakan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi: Shahih)

keterangan :
Kilo   : Ribu, ex: 100 kilo = Seratus Ribu
Mega : Juta, ex: 100 Mega = Seratus Juta

Referensi :
http://asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=475


Aksi

Information

3 responses

3 09 2008
zona90

Oh ya, koleksi saya bebas dipinjam (*dengan syarat dikembalikan tanpa cacat dan bersih) dan dikopi.

3 09 2008
randu

eh apa ini…bawa2 nama gw segala
huhuhuhu…
pinjeeem doms brans
heheheheh

4 09 2008
Haikal

Alhamdulillah bran, banyak kmajuan ya. btw, punya koleksi buku/video harun yahya juga ngga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: