Programming itu mudah !

15 12 2007

2d.jpg[write mode : gaul] keingetan waktu tahun lalu [waktu jaman mesir kuno]😀 bantu2 bu vie ngajar di poltek IPB [2006], ngajar C -Programming.

Mhsx asyik2, dan yang lebih bikin gw seneng adalah semuanya cepet nangkep. Apalagi ada salah satu mhs cewe yang pas SMA nya dah belajar VB. beberapa mhs ada yg minta diajarin lagi diluar jam kuliah (salut utk semangatnya).

Waktu ngasih tugas “carilah bilangan prima pada interval 1-1000”, beberapa algoritma kreatif mereka pada keluar, tapi ada juga yg nyontek dari ilmukomputer.com, yg cupu adalah yg nyontek temennya. [pdhl gw suka nyontek jg, dulu waktu kuliah]😛

Alhamdulilah enjoy, meski nggak ada ruangan dan koneksi internet untuk posisi Asdos saat itu [polteknya masih bayi]. harusnya tahun sekarang sudah lebih dewasa.
begitu khan bu Vie ?😀

Apapun bahasa yg kita pelajari, intinya dimulai dari 4 hal sederhana d bwh ini :

1. Variable
2. Branching (percabangan) -> { if…elseif..} {switch} , etc
3. Looping (Perulangan) -> {for..next} {do..loop} {while..do}, etc
4. Function

Dari ke-4 hal tsbt kita tinggal berkreasi saja untuk membawa kode ke tingkatan
yg lebih tinggi sesuai kebutuhan. Inti pusatnya adalah algoritma,
bahasa pemrograman hanyalah tools untuk mewujudkan logika dalam otak kita.

Ibarat membangun rumah, kita punya : tukang, batu bata, kayu, semen, pasir, perkakas, dll. Nah urutan pengerjaan dan mengkombinasikan bahan2 bangunan tsb agar menjadi sebuah rumah yg indah itulah algoritmanya.😉

Akan lebih menyenangkan dan bahagia, bila aplikasi kita bermanfaat bagi
orang lain. Banyak banget sumber tuk belajar programming (alias memperalat komputer), Salah satunya kamu bisa berkunjung ke rumah wildan atau Pak Yan.

Pembaca budiman, Programming itu gak susah !.
(yg susah itu yg gak mau belajar !, bener gak nih? )😀.

Shout for :
– Al-Khwarizmi (Ilmuwan islam, penemu Angka 0 dan algoritma)
– Dr.Sugi Guritman and Pak. Julio (atas ilmu merge short dan bahasa mikro)
Eska (atas bimbingan dan ide2 kreatif waktu kita kuliah bareng).


Aksi

Information

4 responses

18 12 2007
zona90
1 01 2008
amel

salam kenal….!
aq sedang akan belajar jadi programmer, berarti bisa bagi bagi ilmu nih…!

21 01 2008
supriman

iya yah ternyata programming gak susa.. Tapi kenapa saya baru sadarnya setelah bekerja ya? 😦

2 05 2008
entung

hehe..salam kenal bro,, testi FS-ku koq gak dibales ??? hehe..

programming itu masalah jam terbang, semakin sering kita ngoding semakin terasah pula algoritma kita,,

Oke, sukses ya dengan apa yang anda lakuin sekarang…keep coding !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: